Jumat, 17 Agustus 2012

Identifier

Identifier adalah token yang merepresentaseikan nama. Nama ini ditujukan untuk variabel, metode, kelas, paket, dan interface untuk secara unik mengidentifikasikan bagi kompilator dan memberikan nama yang berarti bagi pemrogram.
Aturan identifier adalah sebagai berikut :



Gambar, Diagram Sintaks Identifier

Aturan penamaan identifier :
  1. Case sensitive, huruf kapital dan kecil dibedakan.
  2. Semua karakter di identifier adalah signifikan. Apabila kita memberikan nama sepanjang 160 karakter maka seluruhnya signifikan. Kita harus menulis sebagai 160 karakter pada pemanggilan berikutnya. Nama identifier dapat berapapun panjangnya.
  3. Identifier harus dimulai huruf atau garis bahwah atau biasa di sebut Underscore ( _ ), atau tanda dollar ( $ ). Meski dapat dimulai dengan simbol dollar atau garis bawah, namun sebaiknya dihindari karena mungkin digunakan untuk pengolahan internal dan file import.
  4. Karakter berikutnya dapat berupa huruf atau angka 0-9. Istilah huruf dan angka di Java lebih luas dibanding kebanyakan bahasa pemrograman. Huruf di Java lebih luas dibanding kebanyakan bahasa pemrograman. Huruf di Java didefinisikan sebagai 'A-Z'   'a-z', '_' atau sebarang karakter Unicide yang menunjukkan huruf di suatu bahasa. 
  5.  Simbol-simbol seperti '+', spasi, '@' tidak dapat digunakan.
  6. Nama yang merupakan reserved words atau keywords Java tidak boleh digunakan sebagai identifier.
Identifier harus satu kata (tanpa spasi whitespace). Pemakaian huruf kapital pada identifier bergantung jenis identifier. Sekali lagi, Java adalah Case Sensitive membedakan huruf kecil dan huruf kapital. Kita harus berhati-hati dalam penggunaan huruf kapita. Gaya pemakaian huruf yang baik dan konsisten akan memeprmudah pembacaan program.

Variabel

Di Java, setiap variabel harus mempunyai tipe. kita mendeklarasikan variabel dengan menempatkan tie lebih dulu, diikuti  nama variabel.

Konvensi

Nama adalah case-sensitive sehingga BigBox, bigBox adalah berbeda . Kita seharusnya tidak mempunyai dua nama yang hanya berbeda dalam huruf kecil dan huruf besar. Kita sering sulit untuk mencari nama bagus untuk variabel. Banyak pemrogram kemudian memberi nama variabel dengan nama yang sama dengan nama yang sama dengan nama tipenya hanya berbeda huruf kapital dan huruf kecil.


Sumber :
===>> Dr. Bambang Hariyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Follow Us on Twitter!Follow Us on Twitter!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting