Rabu, 15 Agustus 2012

Pengenalan Java.

Rilis Java

Bahasa Java merupakan karya Sun Microsystem Inc. Rilis resmi level beta dilakukan pada Nobember 1995. Dua bulan berikutnya Netscape menjadi perusahaan pertama yang memperoleh lisensi bahasa Java dari Sun. Maskot/lambang bahasa Java adalah Duke sebagai berikut.

Duke, Maskot Java.

Pada tahun 1996, Sun mengeluarkan JSDK (Java Software Development Kit).

Edisi Java

Java memiliki tiga edisi untuk keperluan yang berbeda :
  1. Java 2 Standard Edition (J2SE).
  2. Java 2 Enterprise Edition (J2EE).
  3. Java 2 Micro Edition (J2ME).
Masing-masing edisi berisi Java 2 Software Development Kit (SDK) untuk mengembangkan aplikasi dan Java 2 Runtime Environment (JRE) untuk menjalankan aplkasi.

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menjanjikan kemudahan bagi programmer junior maupun senior.

Pengertian Java

Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang di kembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun 1991, sebuah perusahaan besar di Amerika Serikat. Bahasa ini di kembangkan dengan bahasa yang mirip bahasa pemrograman C++ dan smalltalk, namun di rancang agar lebih mudah di pakai dan platform independent, yaitu dapat di jalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer. Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel. Dalam beberapa tahun terakhir, Java telah merambah dunia mobile dengan J2ME (Micro Edition: MIDlet, dipakai dalam mobile phone, PDA, smart phone dan sebagainya). Java juga dipakai dalam aplikasi server dengan J2EE (Enterprise Edition: JSP, servlet).

Java memiliki sejumlah mekanisme untuk networking dan sistem terdistribusi, yaitu socket, remote methode invocation (RMI), CORBA, dan mobile agents. Pada perkembangannya, banyak vendor‐vendor seperti Oracle (http://www.oracle.com/), Nokia (http://www.nokia.com/), Siemens (http://mobile.siemens.com/), Yahoo Portal (http://www.tibco.com/) yang menggunakan Java untuk pengembangan aplikasinya. Java memang sangat populer pada level enterprise application dan mobile application. Hingga saat ini, Sun telah merilis Java versi 2.

Fitur-fitur yang Disediakan oleh Java

  • Aksesibilitas dari lokasi manapun di dunia:
Java adalah bahasa pemrograman untuk internet, sehinggga dapat diakses melalui world wide web ynag dapat diakses dari lokasi manapun di dunia.
  •  Sistem Bebas Virus
Java mengimplementasikan strong type‐checking pada computer pengguna, perubahan pada program akan ditandai sebagai error dan program tidak akan dijalankan. Type‐checking adalah proses pengecekan kode untuk mengetahui apakah ada perubahan yang dibuat terhadap kode asli.
  • Aplikasi yang dapat di gunakan di berbagai platform(Platform independent application).
Java adalah bahasa pemrogrman yang platform‐independent. Java compiler meng‐compile kode java menjadi intermediate bytecode yang dapat dibaca oleh JVM ( Java Virtual Machine). Java interpreter pada browser yang mendukung Java dapat mengeksekusi bytecode ini. Dengan proses kompilasi bytecode dan interprtasinya oleh web browser, program Java dapat dijalankan pada bermacam‐macam hardware dan system operasi, asalkan system ini memiliki internet browser ynag mendukung Java atau Java interpreter.

Sumber : Dr. Bambang Hariyanto.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More
Follow Us on Twitter!Follow Us on Twitter!

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting